Jumat, 02 Oktober 2009

Ramainya Batik Indonesia Kembali


Dengan diputuskannya hari batik di indonesia, dan "diwajibkan" oleh presiden bagi masyarakat Indonesia untuk melestarikan batik, spontan batik kembali ramai lagi di pasaran dan mulai booming lagi di masyarakat. Batik di indonesia yang sempat booming setahun lalu namun mulai turun peminatnya sedang mendapat perlawanan sengit oleh negara lain yang "mengaku" memiliki warisan leluhur sebagai pemilik batik, dengan pencetusan hari batik ini semoga menjadi salah satu cara pelestarian batik yang akan terus dipertahankan.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar), Surya Dharma, mengatakan, batik Indonesia masuk dalam representatif budaya tak benda warisan manusia UNESCO karena melihat pada nilai-nilai historis, filosofis, aspek-aspek religius yang melatarbelakangi pembuatan batik.

Semoga ini menjadi awal yang baik bagi Bangsa Indonesia, supaya menghargai asset warisan budayanya dengan baik, mudah-mudahan bukan hanya di batik, tapi mulai dari segala bentuk seni, adat, budaya, dan tidak lupa makanan khas, yang mulai dilirik juga untuk dipatenkan oleh negara lain...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar